Selasa, 28 Oktober 2008

Point 1. Format dan penempatan iklan yang tepat.

Seperti biasa kita memerlukan kembalian bantuan uncle google kembali , kembali saya masukan kata2 "Format dan penempatan iklan yang tepat." tersebut ke kotak pencarian google di atas dan kembali hasil yang keluar cukup memuaskan....

Dan ini salah satu hasil yang kita peroleh dari pusat bantuan adsense

Pengoptimalan dengan Saluran


Google AdSense menawarkan saluran untuk membantu Anda menjawab pertanyaan penting sebagai berikut:

  • Di bagian manakah AdSense memberikan penghasilan terbesar?
  • Bagaimanakah cara menggunakan informasi ini untuk membantu meningkatkan penghasilan?

Banyak penayang AdSense telah meningkatkan hasil secara nyata dengan melakukan perubahan sederhana. Penayang biasanya melaporkan peningkatan penghasilan secara nyata karena mengubah beberapa faktor seperti format iklan, palet warna, dan penempatan. Peningkatan dapat Anda lacak menggunakan saluran.

Saluran menawarkan tingkat analisis yang lebih rinci dibandingkan laporan penghasilan secara keseluruhan. Saluran memungkinkan pengelompokan laporan untuk memantau performa situs, bagian situs, atau bahkan setiap unit iklan. Bila saluran dibuat, AdSense akan mendata statistik tayangan, RKPT, BPT, dan penghasilan untuk halaman atau unit iklan yang spesifik.

Dengan demikian, Anda memiliki metode yang tepat untuk mengevaluasi situs dan lokasi yang memungkinkan Anda mengetahui potensi penghasilan maksimum.


AdSense menawarkan 2 jenis saluran: Saluran URL untuk laporan domain, subdomain, dan khusus halaman, serta Saluran Kustom untuk laporan lebih rinci yang khusus bagi unit iklan atau penempatan iklan.


Karena panduan ini berisi beberapa topik, Anda dapat langsung beralih ke bagian tertentu:

  1. Saluran URL
    - Membuat Saluran URL
  2. Saluran Kustom
    - Membuat Saluran Kustom
  3. Membuat Laporan Saluran
Saluran URL

Saluran URL digunakan untuk melacak performa iklan di seluruh domain, subdomain, direktori, dan setiap halaman. Saluran tersebut dapat membantu Anda menjawab pertanyaan seperti:

  • Domain manakah yang memberikan penghasilan terbesar?
  • Di bagian situs manakah iklan berperforma terbaik? Artikel? Forum? Blog?

Membuat Saluran URL

Saluran URL mudah dibuat dan diterapkan melalui account AdSense. Untuk mengetahui caranya, lihat contoh sebagai berikut.

Skenario: Lisa memiliki situs tentang anjing (www.ContohSitusAnjing.co.id) dan ingin mengetahui performa iklan AdSense pada halaman artikel dibandingkan dengan bagian forum.

Ia melakukannya dalam 2 langkah mudah:

  • Langkah pertama adalah log in, kemudian mengklik tab Konfigurasi AdSense. Baris link akan ditampilkan di bawah tab. Klik link Saluran.
  • Selanjutnya, pastikan Anda berada pada subtab untuk produk yang benar (AdSense untuk konten atau AdSense untuk pencarian) dan membuat saluran URL, bukan saluran kustom. Klik link Tambahkan saluran URL baru, kemudian buat saluran baru untuk setiap direktori dengan memasukkan alamat (tanpa 'www') dalam kotak yang dihasilkan.

Dalam kasus ini, kami akan membuat 2 saluran: Satu untuk ContohSitusAnjing.co.id/artikel yang akan melacak performa iklan gabungan di semua artikel Lisa, dan satu lagi untuk ContohSitusAnjing.co.id/forum yang akan memantau semua bagian forum Lisa.



Setelah dibuat, saluran URL akan segera mulai mengumpulkan statistik. Untuk memaksimalkan penggunaan saluran, Anda harus dapat membuat laporan saluran yang efektif. Untuk mempelajari caranya, lihat di bawah ini.

Untuk jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang saluran URL, kunjungi link berikut:



Saluran Kustom

Saluran kustom dapat digunakan untuk membantu Anda melacak warna, format, dan penempatan iklan yang paling efektif di situs Anda atau menyediakan jawaban atas pertanyaan seperti:

  • Unit iklan manakah yang memperoleh penghasilan terbesar pada halaman muka?
    • Leaderboard di bagian atas halaman?
    • Persegi panjang di bagian tengah artikel?
    • Skyscraper di sisi kanan halaman?
    • Unit link dalam navigasi kiri?

  • Apakah iklan akan berperforma lebih baik dengan atau tanpa batas tepi?

    • Tips: biasanya, iklan berperforma lebih baik tanpa batas tepi
  • Bagaimanakah perbandingan penghasilan untuk setiap kotak AdSense untuk pencarian?

Untuk memaksimalkan penggunaan saluran kustom, sebaiknya lacak setiap unit iklan. Dengan demikian, Anda akan memiliki sekumpulan laporan utama yang dapat digunakan untuk menggabungkan data dari semua unit iklan, atau mengkombinasikan berbagai variasi agar memperoleh pengetahuan lebih rinci tentang performa AdSense situs Anda dan menjawab jenis pertanyaan yang tercantum di sisi atas bagian ini.


Membuat Saluran Kustom


Anda harus memahami cara menggunakan saluran kustom untuk menjawab pertanyaan di atas agar dapat mengoptimalkan performa unit iklan AdSense.Perhatikan contoh berikut.

Skenario: Joni memiliki situs tentang mobil. Saat ini, situsnya memiliki 3 unit iklan dan 1 unit link, kemudian Joni ingin mengetahui unit yang berperforma paling efektif. Untuk melakukannya, ia membuat saluran kustom terpisah untuk keempat unit iklan agar dapat memantau performanya.

Membuat dan menerapkan saluran kustom memerlukan proses yang lebih rumit dibandingkan saluran URL. Jangan khawatir, kami akan menunjukkan cara membuat saluran kustom dalam 4 langkah mudah:

  1. Mulai dengan log in ke account Anda, kemudian klik tab Konfigurasi AdSense, diikuti link Saluran. Untuk skenario ini, kami akan memperhatikan saluran kustom AdSense untuk konten. Karenanya, pastikan Anda berada pada produk dan subtab saluran yang tepat. Selanjutnya, klik Tambahkan saluran kustom baru

  2. Langkah berikutnya adalah memberikan nama saluran.

    Anda harus memberikan nama saluran kustom yang tepat dan konsisten. Semakin banyak informasi lokasi dan cara penggunaan unit iklan pada nama, maka akan semakin mudah diidentifikasi di lain waktu saat membuat laporan saluran. Untuk contoh yang digunakan di sini, sebaiknya gunakan nama seperti:

    • MukaAtasLeaderCokelatTanah
    • MukaTengahPersegiPanjangCokelatTanah
    • MukaKananSkyscpCokelatTanah

    • MukaKiriLinkNavCokelatTanah

    Anda akan menyadari bahwa semua nama tersebut mengikuti pola Halaman+Lokasi+Format Iklan+Palet Warna. Kami menganggap pola ini bermanfaat, namun Anda dapat menggunakan metode apapun yang paling sesuai untuk Anda.

    Masukkan nama saluran dalam kotak saluran baru, kemudian klik Tambahkan saluran.

  3. Kini Anda dapat membuat kode iklan khusus saluran. Setelah nama dibuat, klik tab Konfigurasi AdSense, lalu pilih AdSense untuk konten sebagai produk.


    Lanjutkan dengan memilih jenis iklan, format iklan, dan palet warna seperti biasa, kemudian di bagian Saluran,


    pilih nama saluran yang akan ditambahkan dengan mengklik link Tambah>> (Anda dapat menambahkan hingga 5 saluran),


    lalu klik Lanjut agar pilihan Anda tercermin dalam kode tata letak iklan.

  4. Terakhir, salin dan sisipkan kode pada halaman Web Anda. Pengidentifikasi saluran dalam kode Anda akan segera memulai pelacakan performa. Jika halaman tersebut telah memiliki kode iklan, Anda harus menggantinya dengan kode khusus saluran yang baru.

    Ulangi proses untuk setiap unit iklan yang akan dilacak.


3. Membuat Laporan Saluran

Saluran aktif akan mengumpulkan data yang dapat diakses setiap saat. Data akan diatur dalam format laporan dan dapat diambil dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:


  1. Setelah log in, klik link 'Laporan Lanjutan'.


  2. Pilih produk yang akan dilacak: AdSense untuk konten atau AdSense untuk pencarian.

  3. Setelah itu, klik tombol radio Data saluran.

  4. Selanjutnya, pilih rentang tanggal yang akan digunakan.

  5. Kini pilih saluran yang akan dibuatkan laporan menggunakan kotak centang.

    • Perhatikan: Untuk mencari grup saluran tertentu dengan mudah, gunakan fungsi pencarian.

      Menurut prinsip penamaan yang dijelaskan di bagian saluran kustom, jika Anda ingin mencari semua saluran yang terkait dengan halaman muka, ketik 'Muka' dalam kotak 'Cari Saluran'. Demikian juga, jika Anda ingin mencari semua saluran yang terkait dengan kotak iklan persegi panjang, cari kata 'Persegi panjang'. Setelah menyelesaikan pencarian, Anda dapat memilih semua hasil atau memilihnya satu per satu.

  6. Setelah memilih saluran yang dikehendaki, tentukan cara pengelompokan data yang diinginkan.

    • Untuk laporan harian tentang data saluran yang dipilih, gunakan tombol radio Tanggal.

    • Untuk laporan gabungan tentang statistik saluran pada rentang tanggal yang dipilih, gunakan tombol radio Saluran.

      • Tips: bermanfaat untuk perbandingan sederhana antara dua saluran atau lebih

    • Untuk evaluasi lengkap tentang performa satu atau beberapa saluran yang ditampilkan menurut tanggal, pilih tombol radio Keduanya.


  7. Terakhir, klik tombol Tampilkan Laporan.


Tips: Anda tidak yakin tentang hal yang harus diuji dalam saluran kustom? Untuk saran tentang cara mengoptimalkan performa iklan, pelajari Tips Pengoptimalan kami.

Linknya bisa lihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar